Tips Saat Hamil: Agar Air Susu Banyak

agar air susu banyakWanita hamil memerlukan asupan gizi yang lebih dari pada saat sebelum hamil, karena ketika melahirkan seorang ibu akan menyusui bayinya. Berikut ini ada beberapa tips kehamilan yang bertujuan agar air susu banyak ketika ibu sudah melahirkan.

Hindari stress. Sebagai seorang yang baru menjadi ibu tentu sedikit banyak akan mengalami tekanan atau kekhawatiran tentang ASI yang akan diberikan kepada bayi. Pada saat pertama kali menyusui tentu air susu tidak keluar dengan lancar, tetapi Anda tidak perlu khawatir, tetap susui bayi sesering mungkin, ini akan merangsang payudara untuk mengeluarkan ASI.

Lakukan pemijatan ringan pada saat sebelum atau sesudah menyusui, ini akan merangsang ASI untuk keluar lebih banyak. Ibu juga bisa melakukan pemijatan pada saat mandi. Pemijatan juga berguna agar payudara ibu tidak terlalu kram karena sering menyusui bayi. Jika air susu tidak keluar, Anda bisa melakukan pemijatan ringan atau dibantu dengan penggunaan breastpump untuk mengeluarkan ASI.

Konsumsi air putih setelah menyusui atau memompa ASI. Air putih akan sangat berguna untuk mengganti cairan yang keluar lewat ASI yang diberikan pada bayi. Selain itu mengkonsumi susu kedelai juga sangat baik sebab mengandung serat. Jika Anda kurang menyukai susu kedelai, Anda bisa menggantinya dengan minum jus buah-buahan. Yang harus diingat adalah hindari meminum es, sebab apa yang dikonsumsi oleh sang ibu pasti bayi juga mengkonsumsinya lewat ASI yang Anda berikan, meminum es akan menyebabkan bayi flu dan mungkin akan terserang batuk.

Jika Anda ingin agar air susu banyak keluar, makanlah makanan yang bergizi seperti sayuran berwarna hijau. Anda bisa memperolehnya dari daun katuk, labu siam dan lain-lain. Lebih baik mengkonsumsi sayuran dalam keadaan direbus sebab sayuran yang direbus lebih sehat dikonsumsi dibandingkan dengan olahan lainnya.

Mengkonsumsi daging, telur, tahu dan sebagainya juga dapat membantu agar air susu banyak keluar. Kandungan protein yang terdapat pada makanan tersebut selain berguna untuk Anda juga berguna untuk asupan protein bagi bayi. Ada banyak lagi tips kehamilan yang bisa ketahui untuk memperbanyak ASI, Anda bisa mendapatkannya diberbagai media seperti media cetak atau elektronik.

One comment on “Tips Saat Hamil: Agar Air Susu Banyak

  1. Slam ibu,
    mari ibu ibu lawati blog ku untuk melihat testimoni semua ibu yang berjaya menyususu dan menambah susu serta memekatkan susu badan dengan menggunakan suppliment SHAKLEE…
    untuk lanjut sila ke metrobestmom.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>