Perawatan Kulit Bayi secara Tradisional

merawat kulit bayi

Semua orangtua tentu menginginkan kulit bayi sehat. Kulit bayi masih rentan dan sangat sensitif sehingga penting sekali untuk merawat kulit bayi sejak lahir. Senantiasa menjaga kebersihan kulit bayi adalah hal yang mutlak dilakukan. Hal ini untuk mencegah terjadinya penyakit kulit yang mungkin terjadi seperti alergi, ruam, biduran dan sebagainya.

Salah satu cara tradisional untuk merawat kulit bayi adalah dengan melakukan pijat bayi. Berdasarkan penelitian, pijat bayi memiliki banyak sekali manfaat dan sangat dianjurkan. Salah satu manfaat tersebut adalah melindungi kulit bayi. Memijat bayi menggunakan minyak bayi yang lembut, biasanya dipilih minyak zaitun atau minyak esensial lainnya. Minyak yang digunakan ini bisa menghindari bayi dari kekeringan kulit dan mencegah iritasi.

Selain itu, obat tradisional yang sekaligus bisa melindungi kulit bayi adalah balsam dan minyak kayu putih. Mengoleskan minyak kayu putih dapat pula menghangatkan kulit bayi terutama saat cuaca dingin. Minyak kayu putih dan balsam dapat melindungi kulit bayi dan mencegah dehidrasi. Namun jangan sampai mengoleskan balsam pada bagian kulit yang luka atau ruam.

Bayi sering mengalami kemerahan di kulitnya misalnya karena digigit binatang. Beberapa orangtua mengoleskan minyak kayu putih atau bahkan bawang merah di bagian kulit tersebut namun ternyata malah menjadi hitam. Jika hal ini yang terjadi maka obat tradisional yakni minyak zaitun dapat dijadikan pilihan utama. Hal ini sudah terbukti pada banyak bayi yang memiliki kemerahan berbentuk seperti pulau di kulitnya.

Beberapa obat tradisional lain untuk merawat kulit bayi adalah kunyit atau kunir. Kunyit atau kunir dapat digunakan untuk mengatasi kulit bayi yang berjamur. Jamur atau bercak-bercak putih pada kulit bayi biasanya disebabkan karena pemakaian popok yang tidak bersih. Caranya dengan memarut kunyit tersebut dan kemudian mengoleskannya pada bagian kulit yang berjamur.

Bayi juga seringkali mengalami biang keringat. Obat tradisional yang bisa digunakan adalah kentang. Kentang diparut kemudian diperas. Hasil air perasan kentang dioleskan pada kulit yang terkena biang keringat setidaknya 3 kali sehari. Kentang bisa menyembuhkan karena sifatnya yang mendinginkan. Selain itu, lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar pada bayi yakni hanya dengan mengoleskannya saja pada kulit yang terluka.

Tidak hanya kulit pada tubuh, tangan dan kaki bayi saja, masalah juga sering timbul pada kulit kepala bayi. Masalah tersebut misalnya munculnya ketombe dan kerak kepala juga harus segera diatasi. Caranya sangat mudah yakni hanya dengan mengoleskan minyak zaitun minimal 1 kali sehari.

2 comments on “Perawatan Kulit Bayi secara Tradisional

  1. bagaimana cara mengobati kemerahan pada lipatan kulit bayi baik di leher maupun selangkangan paha pada?dan cara mencegahnya?terima kasih

  2. Cara mengatasi iritasi pd selakangan,paha,pantat bayi mudh bnget bunda beli saja momilen diaper rash cream di apotek,insya alloh manjur..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>