Menikmati Perkembangan Si Bayi Usia 0-3 Bulan

bayi_0-3_bulan

Bagi ibu-ibu muda yang baru memiliki seorang bayi pastilah yang menjadi fokus utamanya saat ini adalah bagaimana cara mengurus bayi dan merawat bayi sebaik mungkin dan memenuhi kebutuhannya semaksimal mungkin. Dan tentu para ibu menginginkan bayinya tumbuh menjadi bayi sehat seiring berjalannya waktu.

Dan khusus untuk bayi usia 0-3 bulan, bayi lebih membutuhkan perhatian yang ekstra, mulai dari perawatan kulitnya yang masih sangat rentan, maupun asupan makanan yang sehat dan baik untuk pertumbuhannya karena pada usia tersebut otak bayi sedang berkembang dan perkembangan otak bayi 3 bulan akan sangat berpengaruh pada tingkah laku dan kesehatan bayi.

Dalam merawat bayi usia 0-3 bulan memang tidak mudah. Banyak kekhawatiran yang terjadi pada para ibu, seperti jenis sabun dan shampo bayi yang cocok untuk kulit bayi sensitif, atau jenis-jenis makanan yang dapat dicerna bayi, dan masih banyak lagi. Nah, untuk masalah kulit bayi yang sensitif ini, para ibu bisa mulai dari mencari peralatan mandi yang lentur, tidak keras, dan tidak tajam, agar bayi bisa nyaman dan aman. Dan selanjutnya, pilihlah sabun dan shampo yang dikhususkan untuk bayi berusia 0-3 bulan, bukan 6-12 bulan, karena ligamen-ligamen rambut bayi pada usia 0-3 bulan tidak sama dengan pada saat usia 6-12 bulan.

Untuk masalah asupan makanan apa saja yang bisa dicerna oleh bayi usia ini, asupan gizi utama dan terpenting bagi bayi usia ini adalah dengan pemberian ASI eksklusif. Namun, jika bayi sudah berusia 3 bulan, Anda bisa mulai memperkenalkannya dengan jenis makanan lain, seperti biskuit bayi, buah-buahan, ataupun sereal, yang pastinya makanan-makanan tersebut harus dihancurkan atau dilunakkan terlebih dahulu agar bisa dicerna dengan baik oleh bayi yang pada usia ini karena bayi belum memiliki gigi dan cara mengunyah yang sempurna. Sekian info yang dapat diberikan, selamat menikmati setiap detik waktu Anda bersama bayi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>