Mengatasi Stress pada Bayi

stress pada bayi

Bayi ternyata bisa juga mengalami stress. Stress pada bayi harus dikenali gejalanya oleh para orangtua karena bayi memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi. Bayi stress biasanya sering menangis dan tangisannya panjang. Selain itu, bayi rewel, kalau tidur terlihat gelisah dan sering bangun serta susah untuk makan. Indikator lain untuk mengetahui stress pada bayi adalah bayi menjadi makin kurus atau berat badannya berkurang.

Untuk bisa mengatasi stress pada bayi, harus diketahui penyebabnya. Penyebab bayi stress antara lain karena dia merasa tidak nyaman. Ketidaknyamanan bisa disebabkan karena bayi merasa lapar, haus, celana atau popok basah, kotor dan merasa kurang diperhatikan. Ketidaknyamanan ini akan mempengaruhi psikis bayi sehingga dia menjadi rewel dan merengek.

Cara mengatasi stress pada bayi adalah dengan lebih sensitif dan cepat tanggap terhadap kebutuhan sang bayi. Misalnya ketika bayi menangis, kenali penyebabnya dan langsung penuhi kebutuhannya. Jika bayi sakit maka segeralah membawanya ke dokter. Stress bayi yang berkepanjangan bisa menghambat perkembangan psikis bayi dan akhirnya mempengaruhi karakternya ketika beranjak dewasa.

Kasih sayang yang diberikan lewat pelukan, gendongan, ciuman ataupun obrolan dengan bayi bisa mengatasi rasa stress pada bayi. Pemberian air susu ibu juga akan membuat bayi merasa lebih nyaman. Jangan sampai bayi merasa diabaikan atau ditinggalkan. Oleh sebab itu, harus ada seseorang yang siap sedia menjaga dan menemani sang bayi. Selain itu, bayi juga bisa menjadi stress karena kurang diajak bermain dan akhirnya merasa bosan. Tapi di sisi lain terlalu sering membuat bayi bermain juga bisa menyebabkan bayi stress. Ciri-cirinya bayi cenderung ingin melepaskan pegangan. Untuk mencegahnya berilah porsi yang tepat untuk bayi bisa bermain dan beristirahat.

Perubahan cuaca juga bisa menyebabkan bayi menjadi rewel dan stress. Misalnya ketika dari cuaca dingin kemudian panas terik maka bayi akan menangis. Oleh sebab itu, tindakan mengantisipasi stress bayi dengan menyiapkan penyejuk ruangan bisa dilakukan. Begitu pula ketika suasana di sekitar bayi tiba-tiba menjadi sangat ramai, bayi bisa kaget. Sebaiknya pahami bayi dan berikan tempat yang tenang untuknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>