Memandikan Bayi Yang Baru Lahir

Memandikan Bayi Yang Baru Lahir

Banyak ibu muda yang merasa takut ketika harus memandikan bayi baru lahir terutama untuk anak pertamanya. Hal ini bisa dimaklumi karena mereka belum punya banyak pengalaman, sehingga perlu banyak belajar dan praktek secara langsung. Apalagi memandikan bayi baru lahir memang butuh teknik tersendiri karena kondisinya masih lemah. Selain itu bayi juga belum mampu untuk menahan air yang bisa masuk ke dalam mulut, hidung atau telinga dan mata dengan tangannya sendiri.

Yang perlu diketahui ketika harus memandikan bayi baru lahir adalah perlu mempersiapkan perlengkapan mandi bayi lebih dahulu. Jadi jangan membuka baju dan popok bayi sebelum alat mandi bayi tersedia dengan lengkap. Jika terlalu lama menunggu bayi bisa masuk angin, terlebih jika cuaca sedang mendung atau suhu udara sedang dingin.

Perlengkapan mandi bayi yang perlu disiapkan antara lain adalah air hangat yang dimasukan dalam ember yang cukup lebar dan besar. Saat ini di toko-toko perlengkapan bayi sudah banyak yang menjual ember khusus untuk memandikan bayi baru lahir. Bentuk ember ini biasanya dilengkapi dengan penyangga badan untuk melindungi bayi agar tidak mudah tergelincir.

Selain air hangat, perlengkapan mandi bayi lain yang juga tidak boleh dilupakan adalah sabun, washlap atau handuk kecil untuk membersihkan badan bayi serta handuk lain yang gunanya untuk mengeringkan badan ketika bayi sudah dimandikan. Semua alat mandi bayi ini ditaruh di dekat ember atau tempat untuk memandikan bayi.

Agar tidak terkena iritasi terutama pada bagian mata dan kulit, pilihlah sabun khusus untuk memandikan bayi baru lahir. Selain tidak menimbulkan iritasi, sabun ini selalu punya kandungan minyak untuk memberi perlindungan pada kulit agar tidak mudah lecet. Demikian pula dengan alat mandi bayi yang lain yaitu handuk dan washlap, harus menggunakan bahan yang lembut dan tidak keras.

Dan yang tidak boleh dilupakan, popok dan baju bayi, bedak atau talek dan minyak kayu putih atau minyak telon juga perlu disediakan sebelum bayi dimandikan. Meski bukan merupakan perlengkapan mandi bayi, namun jika tidak segera diberi baju dan minyak hangat serta bedak juga bisa menyebabkan bayi mudah masuk angin.

One comment on “Memandikan Bayi Yang Baru Lahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>