Manfaat susu formula

susu_bayi

ASI – air susu ibu tetap merupakan makanan yang terbaik bagi bayi. Namun demikian, karena alasan tertentu, sering seorang ibu terpaksa harus memilih susu formula sebagai asupan makanan untuk bayinya. Jika hal ini terjadi, ibu yang bersangkutan tak perlu resah berkepanjangan. Kendati bukan makanan terbaik bayi, susu formula tetap memiliki keuntungan tersendiri jika diberikan pada buah hati.

Di antara keuntungan susu formula tersebut adalah:

1. Bayi yang diberi susu formula akan merasa kenyang lebih lama sehingga memperpanjang jarak waktu menyusui.
2. Ibu mengetahui persis berapa banyak susu yang diberikan pada bayinya sehingga sang ibu dapat mengukur kecukupan asupan susu untuk buah hatinya tersebut.
3. Siapa saja dapat memberi susu pada si bayi. Jika si ibu sedang repot, ayah atau kakak si bayi bisa membantu memberi susu buat si bayi. Hal ini akan menumbuhkan kebersamaan, kepedulian, dan rasa saling menyayangi dalam keluarga.
4. Jika si ibu sakit, si ibu tak perlu khawatir untuk minum obat tertentu karena obat tersebut tak akan memberi efek samping pada si bayi.
5. Jika bepergian ke tempat umum, si ibu tak perlu sungkan untuk memberi susu anaknya kapan dan di mana pun.
6. Bercinta dengan suami tak akan terganggu. Pada ibu yang memberi air susu ibu, akan terjadi perubahan hormonal yang berakibat pada keringnya daun vagina dan perihnya puting payudara.

Jika Anda memberi susu formula pada bayi Anda, Anda harus terbiasa melakukan sendawa bayi setelah menyusuinya. Hal ini bertujuan agar buah hati Anda tidak muntah setelah menyusu. Muntah terjadi karena ketika bayi menghisap susu lewat dot botol susu, banyak udara yang ikut terhisap. Setelah Anda memberi susu sebanyak 10 mililiter, berhentilah untuk melakukan sendawa bayi.

Bagaimana cara melakukan sendawa bayi? Menyendawakan bayi bisa dilakukan dengan jalan:

1. Gendonglah bayi menghadap Anda dengan posisi tegak. Atau telungkupkan di pangkuan dengan posisi kepala lebih tinggi dari perutnya. Bisa juga dengan mendudukkannya di pangkuan. Kemudian tepuk punggungnya dengan lembut dan perlahan.
2. Perhatikan, jangan menepuk terlampau keras karena bayi bisa menangis dan akhirnya malah menelan udara lebih banyak.
3. Jika setelah empat menit melakukan sendawa bayi, bayi tidak juga bersendawa, berarti buah hati Anda itu memang tidak perlu bersendawa. Anda boleh melanjutkan menyusuinya kembali.

Gimana cara anak agar pintar? Susu formula juga bisa menjawab pertanyaan ini. Dalam susu formula terkandung AA (asam arakidonat) dan DHA (dokosaheksaenoat). Kedua zat gizi ini berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan saraf di otak. Juga membantu membentuk jaringan lemak otak (myelinisasi) dan menjaga interkoneksi sel-sel saraf otak. AA dan DHA yang tercukupi akan membuat fungsi mental dan intelektual anak berkembang dengan baik.

Pemberian susu formula juga membuat tinggi badan bayi normal. Misalnya, bayi yang lahir dengan tinggi 50,5 cm, maka pada usia satu tahun tingginya akan mencapai 74,5 cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>