Manfaat Minyak Telon untuk Bayi

minyak telon

Sebagai salah satu produk perawatan bayi, minyak telon sudah sangat akrab bagi masyarakat kita sejak berabad silam. Selain karena baunya yang menyenangkan, juga karena banyak manfaat yang dapat diambil dari dalamnya. Ramuan tradisional ini umumnya tersusun dari tiga jenis rempah berkhasiat, yaitu minyak kayu putih, minyak kelapa, dan minyak adas.

Minyak kayu putih.
Minyak kayu putih atau dalam bahasa latin disebut oleum-melaleuca-cajeputi diperoleh dari hasil penyulingan daun dan ranting pohon kayu putih. Di dalam minyak ini terkadnung sejumlah senyawa, 60%-nya adalah eukaliptol, dan sisanya terdiri dari ester asetat, alpha terpineol, limonen dan alpha pinen. Eukaliptol adalah senyawa organik berbentuk cairan tidak berwarna namun menimbulkan bau yang khas. Bau ini memberikan efek menenangkan bayi anak bayi, sehingga membuat mereka nyaman dan lebih tenang. Ester asetat merupakan senyawa yang berfungsi sebagai pelarut komponen semua komponen dalam minyak telon. Dan alpha terpineol adalah senyawa larut dalam air dengan aroma dan rasa yang khas, serta berguna sebagai antibakteri/antivirus, stimulan sistem kekebalan tubuh, dan menimbulkan sensasi hangat. Sementara limonen adalah senyawa cair yang memiliki bau yang kuat yang dapat meningkatkan aktifitas syaraf sensorik serangga, sehingga tidak disukai serangga. Karena senyawa inilah manfaat minyak telon dapat digunakan sebagai obat anti nyamuk bagi anak bayi. Alpha pinen adalah senyawa bersifat aromaterapi, yang dapat melegakan membran mukus dalam saluran pernafasan.

Minyak kelapa.
Larutan pelarut ini memiliki banyak sekali manfaat, diantara komponen penyusunannya adalah gliserida dan asam lemak. Keduanya memiliki manfaat melembutkan dan melicinkan kulit. Sehingga minyak telon sangat cocok digunakan sebagai minyak gosok saat memijat bayi. Selain itu juga sebagai penghilang ruam kemerahan akibat iritasi pada kulit bayi.

Minyak adas.
Minyak yang berasal dari ekstrak tanaman adas dibuktikan banyak membawa manfaat, diantaranya sebagai penghangat tubuh dan terapi digestif atau sistem pencernaan dengan menghilangkan rasa kembung, mual dan merangsang buang angin sehingga mencegah masuk angin pada anak bayi setelah mandi atau saat cuaca dingin.

Selain tiga komponen tadi, sejumlah produsen menambahkan beberapa komposisi di dalam minyak telon untuk menambah aroma dan manfaat tertentu seperti minyak zaitun untuk memberi manfaat tambahan melembutkan kulit serta minyak lavender sebagai pengusir serangga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>