Permainan yang Melatih Otak Bayi Anda

melatih kecerdasan bayiMainan bayi sebaiknya tidak hanya digunakan untuk bergembira saja tapi sekaligus bisa untuk melatih kecerdasan bayi. Beberapa mainan bayi yang ada memang memiliki peran untuk mengembangkan otak bayi agar menjadi lebih pintar. Tidak hanya mainan berupa barang, interaksi antara bayi dan orang tua dirasa sebagai bentuk permainan yang efektif untuk melatih otak bayi. Berikut adalah beberapa permainan yang dapat dilakukan.

Pertama adalah sering berbicara dalam kata-kata yang positif kepada bayi. Bayi bisa diperlihatkan sebuah gambar kemudian orang tua menceritakan tentang gambar tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang telah diajari bicara dengan kata-kata bahkan sebelum waktunya memiliki kecerdasan yang lebih baik daripada bayi yang hanya mendengarkan rangsangan suara saja.

Selain dengan kata-kata, permainan yang bisa melatih kecerdasan bayi adalah menyanyi dengan kelembutan. Cobalah menyanyi di depan sang bayi maka hal ini bisa membuatnya merasa tenang dan merasakan kasih sayang. Bermain cilukba atau permainan sembunyi wajah bisa dilakukan untuk menghibur bayi dan memberitahu bahwa tidak semua hal bisa dilihat, hal yang tertutup atau tersembunyi tidak akan bisa dilihat. Menjulurkan lidah di hadapan bayi dapat membuat bayi melakukan hal yang sama. Permainan lidah ini dapat meningkatkan respon dan daya tangkap bayi.

Ada pula permainan dengan mengayunkan dan menggendong bayi. Hal ini dapat merangsang motorik bayi. Dan yang terpenting bayi akan merasa aman dan kebutuhan akan kasih sayang dapat terpenuhi. Mengajak bayi berjalan-jalan juga dapat dipandang sebagai sebuah permainan yang dapat membuat bayi mengetahui mengenai dunia luar. Bayi bisa melihat berbagai hal baru yang merangsang otaknya. Selain itu, memanggil nama bergantian dari sisi kiri dan kanan dapat meningkatkan respon bayi. Hal ini juga bermanfaat dalam merangsang otak bayi.

Berbagai macam bentuk interaksi orang tua dan bayi yang menunjukkan kasih sayang adalah hal penting dalam melatih kecerdasan bayi. Tidak perlu membeli mainan bayi yang mahal, asalkan Anda sering mengajaknya berbicara, hal ini dapat merangsang otak bayi untuk berkembang. Peluklah dan timanglah bayi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>