Bahasa Isyarat Bayi: Mempercepat Komunikasi Sejak Dini

bahasa isyarat bayi1Belakangan ini banyak ebook bahasa isyarat bayi yang dapat dengan mudah langsung digunakan oleh orang tua di rumah. ini merupakan imbas dari semakin banyaknya orang tua yang menyadari manfaat bahasa isyarat bayi. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa bahasa isyarat bayi memiliki banyak manfaat sejak bayi hingga anak besar kelak, salah satunya adalah mempercepat komunikasi dini pada anak. Ini telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh dua orang profesor dari University of California, yaitu bahwa bayi yang diajarkan program bahasa isyarat bayi sejak dini akan dapat berbicara secara lancar pada usia 27-28 bulan, dan berikutnya pada usia 36 bulan mereka telah memiliki kamampuan berbicara menyamai anak usia 47 bulan. Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan berikut:

1. Bahasa isyarat bayi menstimulasi lidah bayi untuk berada pada posisi yang benar. Dengan demikian lidah bayi akan memiliki kesiapan yang baik untuk mengucapkan kata-kata sehingga ia lebih cepat berbicara. Ini menghindarkan bayi dari gangguan gerak lidah, karena secara medis ada beberapa kasus keterlambatan bicara pada anak yang disebabkan karena adanya gangguan gerak lidah.

2. Merangsang bibir untuk membentuk gerakan yang dapat menghasilkan kata yang tepat. Salah satu metode dalam program bahasa isyarat bayi adalah berkomunikasi dengan ekspresi wajah. Ketika menyebutkan kata “bola” misalnya, otak bayi akan merekam gerakan isyarat dan bunyi kata “bola” yang diajarkan, sehingga mendorong ia untuk belajar mengeluarkan bunyi yang sama dengan cara menggerakkan bibirnya. Kelak, kemampuan ini membuat ia lebih mudah dan cepat untuk memulai berbicara.

3. Mengendalikan gerakan pita suara. Bunyi kata dan intonasi suara yang diajarkan dengan bahasa isyarat bayi, membuat bayi memahami cara mengeluarkan suara melalui pita suaranya. Ini juga mempercepat anak bicara karena bayi mampu mengatur bunyi kata yang ingin ia ungkapkan.

4. Membantu bayi dalam mengatur pernafasan.

5. Memperkaya kosa kata anak. Tanpa program bahasa isyarat bayi, anak hanya menghafalkan kosa kata dengan suara. Sementara bahasa isyarat akan memudahkan anak untuk mengingat sebuah kosa kata berdasarkan suara, gerakan tubuh, serta tangan. Terbukti bahwa sejumlah bayi yang telah mendapatkan bahasa isyarat sejak minggu pertama usianya memiliki perbendaharaan kata hingga 40 kosa kata saat berusia 15 bulan. Dengan berbendaharaan kata yang cukup maka akan mempercepat anak bicara di usia dini.

6. Membuat bayi mampu berkomunikasi secara baik. Dengan bahasa isyarat bayi , orang tua dapat memahami apa yang dinginkan atau ditolak oleh bayi, dan sebaliknya bayi mampu menerima da memahami informasi yang datang padanya, maka membuat si kecil lebih cepat mengenal dan memaknai sebuah kosa kata yang ujungnya mempercepat anak bicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>