Usia 0-7 Hari: Masa-Masa Kritis Bagi Bayi

bayi baru lahir

Secara alamiah, bayi yang baru dilahirkan itu masih rapuh dan belum memiliki kemampuan untuk mengadaptasikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Memang bayi baru lahir ini harus dibiasakan dengan lingkungan sekitarnya yang baru. Namun, pada usia bayi 0-7 hari sebaiknya bayi ini ditempatkan pada ruangan yang kondisi suhunya hampir menyerupai kandungan ibu. Jika bayi 0-7 hari ini mengalami perbedaan suhu lingkungan yang terlalu ekstrim, maka kesehatannya bisa terganggu. Pada usia 0-7 hari ini biasanya disebut sebagai usia kritis bayi.

Pada usia kritis bayi ini, bayi masih sangat lemah dan tidak berdaya terhadap gangguan dari lingkungan. Sistem sarafnya belum mampu menerima rangsangan dengan baik. Gerakan yang dilakukan oleh bayi hanya berdasarkan insting saja. Jika Anda merasa khawatir dengan kondisi bayi Anda, maka sebaiknya ditempatkan di tabung inkubator saja. Di dalam tabung ini udaranya lebih steril dan terbebas dari bakteri jahat. Sel darah merah yang dimiiki bayi baru lahir belum mampu mengikat oksigen secara optimal. Sistem imun bayi juga belum bekerja dengan baik. Maka, pada usia kritis bayi ini sebaiknya bayi ditempatkan pada lingkungan yang benar-benar sehat.

Selama usia kritis bayi, biasanya bayi mengalami kesulitan untuk meminum ASI sang ibu. Banyak faktor yang menyebabkan bayi ini mengalami kesusahan untuk meminim ASI, diantaranya yaitu karena ketidak cocokan antara ukuran puting payudara ibu dengan mulut sang bayi. Ketidak cocokan ukuran ini menyebabkan bayi kesulitan untuk mendapatkan ASI ibunya, sehingga bayi sering kali menangis lantaran merasa lapar atau ingin mendapatkan ASI ibunya. Yang paling mengkhawatirkan yaitu jika bayi ini tidak mau meminum ASI ibunya. Kejadian seperti ini memang biasa terjadi pada bayi lain, hal ini mungkin disebabkan karena masih lemahnya respon yang dimiliki oleh bayi. Jika hal ini menimpa bayi Anda, maka Anda bisa melatihnya dengan merespon bayi dengan jari tangan Anda. Biasakanlah meletakkan jari tangan Anda di permukaan pipi sang bayi, hal ini akan mempercepat respon bayi agar mau meminum ASI ibunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>