Tips Mengatasi Luka Pada Kulit Bayi

luka pada bayi

Kulit bayi itu sangat sensitif. Oleh sebab itulah jika kulit adik bayi terluka, diperlukan perawatan ekstra untuk merawatnya. Lalu, bagaimana cara mengatasi luka pada bayi? Berikut tips untuk mengatasi luka pada bayi. Antara lain:

Pertama, jika luka pada bayi termasuk luka yang berasal dari goresan ringan, seperti akibat luka garuk. Maka sebaiknya bilaslah luka tersebut dengan air bersih. Kemudian keringkan. Namun tolong diperhatikan bahwa air yang dimaksud bukanlah air dingin. Karena air dingin justru akan membuat radang dingin (frostbite) yang membuat kerusakan pada kulit bayi menjadi semakin parah.

Kedua, jika luka yang diderita adik bayi termasuk luka terbuka yang berasal dari goresan/ sayatan, sebaiknya segera berikan plester antiseptik pada kulit bayi yang terluka. Karena plester antiseptik ini akan membantu mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh infeksi akibat dari goresan. Namun, perlu diingat bahwa sebelum memberikan plester tersebut, sebaiknya bersihkan luka tersebut dengan air. Kemudian keringkan sebentar dengan kapas. Lalu, baru berikan plester tersebut.

Ketiga, jika luka yang dimaksud berasal dari luka bakar, entah dikarenakan adik bayi tersenggol air panas atau seterika, sebaiknya jangan langsung panik. Namun segera lakukan sesuatu dengan cara mendinginkan luka tersebut dengan air yang mengalir selama 10 menit. Kemudian tunggu hingga luka pada bayi kering. Setelah itu, segeralah minta pertolongan dokter. Karena luka pada bayi yang disebabkan dari luka bakar tidak akan bisa ditangani hanya dengan cara manual. Itulah sebabnya Anda harus membawanya ke dokter. Akan tetapi, tolong jangan pernah menyentuh luka pada bayi secara langsung. Jadi, jika ada pakaian bayi yang menempel pada kulit, sebaiknya gunting saja secara hati-hati untuk melepaskan pakaian tersebut. Karena, jika Anda menarik pakaian yang melekat pada lukanya secara paksa, hal ini bisa menyebabkan luka pada bayi semakin parah.

Semoga hal ini cukup membantu Anda dan bayi Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>