Tahap Perkembangan Bayi Usia 4-6 Bulan

perkembangan bayi usia 4-6 bulan

Tahap perkembangan bayi yang paling menyenangkan menurut kebanyakan kaum ibu adalah ketika bayi mereka menginjak usia 4-6 bulan. Sebab pada usia 4-6 bulan, bayi lebih peka dan mulai dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dibanding usia tiga bulan pertama, contohnya seperti dapat mengoceh, berteriak, berguling-guling, bertepuk tangan, bermain atau memeluk dan lain sebagainya. Selain itu pertumbuhan bayi juga akan mengalami peningkatan yang cukup baik, seperti berat badan, kekuatan otot kaki dan tangan yang mulai bertambah sehingga gerakan bayi lebih terkontrol dan lain sebagainya. Perkembangan dan pertumbuhan bayi pada usia 4-6 bulan yang sangat signifikan, sebaiknya diimbangi dengan tindakan orang tua yang lebih aktif dalam mengajarkan cara-cara awal berinteraksi dan memperkenalkan anak dengan situasi dan kondisi lingkungan. Berikut merupakan tahap-tahap perkembangan bayi usia 4-6 bulan:

• Perkembangan bayi usia 4-6 bulan dari segi emosional dan sosial.
Usia tiga atau empat bulan bayi akan belajar dengan sendirinya untuk mengenal satu persatu orang-orang disekitarnya. Bayi juga dapat melakukan kontak mata atau tersenyum sebagai tanda bahwa dia sedang belajar membaca beberapa ekspresi terutama kepada ibu bayi tersebut. Jadi jangan terkejut ketika Anda berekspresi gelisah dan khawatir, bayi juga akan berekspresi khawatir. Perkembangan bayi pada usia selanjutnya hingga enam bulan dari segi emosional lainnya yakni adanya perasaan aman, sebab bayi dapat merasakan kasih sayang orang-orang disekitarnya. Bayi juga mudah terstimulasi oleh lingkungan, sehingga ketika dia terlalu bergembira maka akan mulai menangis dan perlu ditenangkan.

• Perkembangan bayi dalam kemampuan motorik ketika usia 4-6 bulan.
Seluruh gerak tubuh bayi mulai sedikit terkontrol dengan baik, sebab otot bayi mulai memiliki kekuatan. Biasanya bayi akan mengawali dengan menggenggam sesuatu di tangan kemudian memasukkan ke dalam mulut, menggoyangkan atau lebih sering menendang dengan kaki atau tangan. Selanjutnya bayi akan menggoyangkan perut dan akhirnya dia dapat berguling-guling. Pada usia 4-6 bulan bayi dapat mengangkat kepala ketika terbaring telungkup, bahkan mereka kemungkinan dapat mendorong badan atau menanggung berat pada kaki mereka. Sehingga pada akhirnya pada usia 6 bulan, bayi dapat duduk sendirian, merayap kemudian merangkak. Bayi juga menarik-narik benda di dekatnya atau gerakan menggaruk-garuk tangan.

• Pertumbuhan bayi juga akan semakin meningkat ketika usia 4-6 bulan.
Fungsi indra penglihatan semakin membaik, sehingga bayi dapat membedakan wajah asing atau yang telah akrab dengan dirinya. Kebanyakan bayi juga tertarik dengan benda yang memiliki warna-warna cerah dan bersinar. Pertumbuhan bayi yang lain yakni bayi dapat mengoceh, tertawa, menjerit, menangis. Bayi juga menanggapi dan meniru ekspresi wajah dan suara di sekitarnya, sebagai cara awal bayi mencoba berkomunikasi dengan Anda. Sehingga jangan terkejut ketika bayi mengoceh kemudian berhenti dan menunggu respon Anda. Bayi pada usia 4-6 bulan mulai mengenal namanya dan mulai mengucapkan kata-kata mudah yang sering dikomunikasikan pada bayi, seperti kata “iya”, “mama’, “ini”, dan lain sebagainya.

2 comments on “Tahap Perkembangan Bayi Usia 4-6 Bulan

    • Anakku skrg tepat brusia 4 bln, udh jago ngoceh n manggil “Ummi”, udh seneng dititah n menendang2 jg memegang mainan, tp anakku blm bs tengkurep, pdhl kalo dipegang sblh tangan’y agar trpancing, dia dgn mdh tengkurep, coba ga dipancing, dia anteeeeng aja baringan smbil menendang2 n mengangkat2 perutnya.. Mngpa demikian ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>