Pertolongan Pertama Pada Bayi Demam Berdarah

bayi-demam-berdarah2

Bagaimana jika tiba-tiba bayi demam tinggi? Haruskah dikompres, diberi obat, atau dibawa ke dokter? Sementara bayi demam tinggi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Entah dikarenakan itu awal dari bayi demam berdarah atau lainnya. Itulah sebabnya jika Anda melihat bayi bayi Anda sedang mengalami demam tinggi yang disebabkan oleh demam berdarah, maka berikut hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya. Antara lain:

Pertama, jika bayi demam tinggi, maka segeralah kompres kepala atau di atas dada sebelah kiri bayi Anda dengan air dingin. Bila perlu, berikan obat penurun panas seperti parasetamol. Kemudian berikan makan-makanan bergizi dalam kuantitas yang banyak. Meskipun minat makan pada bayi demam berdarah biasanya menurun drastis ketika suhu tubuh naik.

Kedua, jika bayi Anda tidak muntah-muntah saat terkena demam berdarah, maka memberikan minuman yang banyak adalah jalan yang terbaik untuk bayi bayi Anda. Minuman tersebut dapat berupa air putih, teh manis, atau air apa saja asalkan bersih dan sudah matang. Karena hal ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh bayi terhadap serangan demam berdarah. Di mana sebenarnya tidak ada obat tertentu untuk bayi demam berdarah. Itulah sebabnya jalan satu-satunya untuk menyembuhkannya adalah dengan meningkatkan jumlah leokosit dalam darah guna meningkatkan pula jumlah trombosit yang akhirnya akan meningkatkan ketahanan tubuh bayi.

Ketiga, untuk meningkatkan trombosit bayi, sebaiknya berikan minuman tambahan untuk bayi bayi Anda dengan jus jambu merah, daun angkak, daun jambu, dan lain-lain. Karena jus banyak mengandung vitamn dan mineral yang dapat meningkatkan ketahanan penderita. Selain itu, bila perlu berikan pula tambahan minuman ion untuk bayi Anda. Yang penting perhatikan kebersihannya dan juga pikirkan bahwa minuman tersebut layak atau tidak untuk bayi Anda sebelum Anda benar-benar memberikan minuman tersebut ke bayi Anda.

Bila bayi Anda muntah-muntah secara terus-menerus, maka segeralah bawa bayi Anda ke Rumah Sakit untuk melakukan konsultasi kepada dokter setempat dan menjalankan pemeriksaan laboratorium dengan segera. Sehingga bayi Anda bisa mendapatkan perawatan yang terbaik dengan cepat. Nah, ketiga langkah tersebut adalah hal pertama untuk menanggulangi bayi demam berdarah. Semoga hal ini cukup bermanfaat bagi Anda dan bayi Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>