Perlukah Memberi Vitamin dan Suplemen untuk Bayi?

vitamin dan suplemen untuk bayi

Kesehatan bayi adalah faktor terpenting yang menjadi perhatian orangtua. Semua orangtua ingin anaknya tumbuh dengan sehat. Hal yang seringkali menjadi pertanyaan adalah apakah perlu memberikan suplemen untuk bayi atau memberi vitamin bayi tambahan? Sebenarnya perlu atau tidaknya memberikan vitamin bayi tambahan atau suplemen tergantung dari kondisi bayi.

Bayi baru lahir secara normal hingga usianya 6 bulan dan mendapatkan Air Susu Ibu (ASI) maka tidak perlu diberikan tambahan suplemen atau vitamin. ASI sudah mengandung banyak nutrisi dan gizi yang paling dibutuhkan oleh bayi. Justru suplemen untuk bayi dan vitamin bayi tambahan belum tentu dapat dicerna secara maksimal oleh bayi. Selain itu, pemberian suplemen tambahan dapat menyebabkan asupan vitamin menjadi berlebih dan hal ini tidak baik bagi kesehatan bayi.

Namun ada satu pengecualian mengenai vitamin D. Vitamin D terkandung sangat sedikit di dalam ASI, oleh sebab itu orangtua bisa memberikan suplemen vitamin D untuk bayi. Jika bayi tidak mendapatkan ASI sedari lahir maka akan diberikan susu formula. Di dalam susu formula telah terdapat vitamin D sehingga tidak perlu memberikan suplemen tambahan.

Lain halnya jika bayi prematur maka seringkali membutuhkan vitamin bayi tambahan dan suplemen. Namun jika bayi sudah sehat kembali dan dapat minum ASI maka pemberian suplemen harus dikurangi. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter mengenai suplemen yang aman dan tepat bagi bayi.

Bagaimanapun akan lebih baik memberikan vitamin untuk bayi dari sumber alami seperti sayur, buah-buahan dan makanan tertentu lainnya. Suplemen untuk bayi terbuat dari bahan kimia dan kandungan nutrisinya pasti tidak sebanyak jika langsung memakan dari sumber alami. Namun jika bayi sangat susah makan atau bayi sedang sakit maka vitamin bayi dan suplemen memang diperlukan. Selain itu, orangtua harus peka terhadap kebutuhan vitamin bayi. Misalnya bayi memiliki gejala di bagian mata yang putih terdapat bercak maka bisa jadi pertanda dia mengalami kekurangan vitamin A. Dalam hal ini vitamin A mutlak untuk kesehatan bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>