Perawatan Flu (demam, batuk, pilek) untuk Bayi Usia di Bawah 1 Tahun

batuk pada bayi

Perawatan flu atau batuk pada bayi sebenarnya tidak memiliki obat khusus. Obat yang sering diberikan sebenarnya hanya untuk meringankan gejalanya saja. Biasanya dokter akan memberikan obat acetaminophen untuk mengurangi rasa sakit ataupun demam pada bayi. Perlu diketahui bahwa bayi yang terkena flu biasanya memang bayi demam atau suhu tubuhnya di atas suhu normal bayi. Jika gejala flu sampai membuat tenggorokan menjadi merah maka harus diberikan antibiotik dengan dosis yang sesuai.

Berikut perawatan yang bisa diberikan kepada bayi yang mengalami flu entah sebelum atau setelah pergi ke dokter. Apabila bayi mengalami gejala pilek yang parah yakni banyak mengeluarkan cairan dari hidungnya maka berikan juga obat tetes hidung. Bisa juga dengan menggunakan alat khusus untuk menyedot cairan hidung bayi. Hal ini dilakukan supaya hidung bayi tidak lagi tersumbat dan dapat bernafas dengan baik. Sedangkan untuk meredakan gejala pilek pada bayi bisa dipakai balsem transpulmin. Sebaiknya kurangi penggunaan obat kimia untuk bayi terutama di bawah 1 tahun kecuali atas anjuran dokter. Bayi yang pilek biasanya mengeluarkan banyak cairan di tubuhnya, oleh sebab itu ibu perlu memberikan banyak minum air putih. Air putih hangat ditambah dengan satu sendok madu bisa sangat membantu bayi.

Ketika bayi mengalami flu maka orangtua harus lebih memperhatikan asupan makanan. Biasanya bayi menjadi tidak nafsu makan. Oleh sebab itu, berilah susu formula atau air susu ibu yang kaya akan nutrisi dan terbukti sangat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan. Selain itu, buah dalam bentuk jus juga kaya akan vitamin dan mineral yang bisa membantu pertahanan bayi. Berikan pula bubur bayi yang kaya akan gizi karena mudah dicerna.

Memang dibutuhkan kesabaran saat merawat sang bayi. Bayi akan rewel dan sering menangis. Berilah kenyamanan pada bayi supaya dia bisa tidur. Jika dia sama sekali tidak mau makan dan minum maka cobalah menyuapi sedikit demi sedikit.

Selain itu, perhatikanlah ruangan di sekitar bayi. Jangan biarkan ada asap rokok di dekat bayi karena asap rokok bisa memperparah flunya. Jangan pula sering berada di ruangan berpendingin. Ruangan ber-AC bisa menjadi sarang bagi penyebaran virus dan bakteri. Oleh sebab itu, perlu membuka jendela untuk memperlancar sirkulasi udara.

Apabila gejala flu bayi cukup parah dan tidak kunjung membaik maka bawalah ke dokter segera. Terutama jika demam pada bayi berlangsung lebih dari dua hari. Atau apabila bayi tampak tersendat dalam bernafas dan terlihat sangat pucat.

5 comments on “Perawatan Flu (demam, batuk, pilek) untuk Bayi Usia di Bawah 1 Tahun

  1. Salam kenal Dokter Bayi…

    Saya ibu dari anak usia 5 bulan… dari awal memasuki usia 5 bulan si kecil terserang flu yang dibarengi batuk yg sepertinya membuat dia sulit bernafas sampai harus beberapa kali pergi ke dokter… Dokter pernah menyarankan 2 kali melakukan penguapan… Flu si kecil tanpa dibarengi demam… sebenarnya apa yg sebaiknya saya lakukan y dok… terimakasih…

  2. Selamat malam dok, saya edi purwanto.saya ingin bertanya.anak saya skrg usianya 9 bulan.semalaman rewel terus ditambah batuk dan flu serta pilek.pertolongan pertama saya berikan sanmol atau alco.mohon penjelasannya.terima kasih.

    • selamat pagi dok,saya mau bertanya,anak saya usianya 9 bulan lebih BB nya 8,2kg.sudah 2hari batuk,pilek malam gak bisa tidur rewel terus.batuknya berahak tapi di telan nya,apakah dahak nya keluar lewat pup nya dok?bagaimna cara perawatan dan pengobatanya?trmakasih….

  3. Selamat siang dok,saya mempunyai 2 orang putra & anak saya yang kecil ini berusia 10 bulan tp dia sering sekali sakit-sakitan & dari usia 5 bulan smp di usai 10 bulan ini pileknya tidak sembuh juga.Mohon penjelasan dari dokter.terimaksaih

  4. jangan trlalu kwtir bu anak bayi mmang biasa skit kya gtu ank sya jg bgtu. biasanya stlah smbuh pasti ada prbhan dlm prtmbuhan entah dari tngkureb jdi brangkang ato lain nya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>