Penyebab Biang Keringat dan Cara Pencegahannya

bayi biang keringat

Jika bayi atau anak mengalami ruam pada kulitnya yang kemudian terasa gatal maka kemungkinan dia terkena biang keringat. Seringkali kulit gatal ini menyebabkan bayi menjadi rewel dan tidak bisa tidur. Oleh sebab itu kenalilah gejala biang keringat dan berusahalah untuk mencegahnya. Penyebab biang keringat adalah kelenjar keringat yang mengalami penyumbatan sehingga keringat tidak bisa keluar. Akibatnya keringat terjebak di dalam kulit dan kulit gatal. Seringkali hal ini menyebabkan munculnya benjolan berukuran kecil berwarna merah pada kulit terutama di bagian paha dan batang tubuh.

Salah satu hal yang menyebabkan penyumbatan yang kemudian menjadi biang keringat adalah faktor lingkungan. Udara yang terasa panas dan sekaligus lembab diikuti dengan sirkulasi udara yang tidak baik dapat menjadi penyebab biang keringat. Apalagi jika anak memakai pakaian yang tebal maka malahan bisa memperparah iritasi kulit. Cara mencegahnya adalah dengan membuat kamar si bayi atau anak sejuk dan memiliki ventilasi yang baik. Jika cuaca sedang panas maka pakailah pakaian berbahan katun yang tipis.

Penyebab biang keringat lainnya adalah aktivitas dari bayi atau anak. Semakin sering beraktivitas maka akan sering mengeluarkan banyak keringat. Hal ini bisa memicu munculnya biang keringat apalagi jika anak memakai pakaian yang menyerap keringat. Cara pencegahannya adalah kurangi aktivitas anak pada saat cuaca panas. Atau pindahkan aktivitas anak di ruangan yang berpendingin atau memiliki kipas angin. Selama beraktifitas lebih baik anak memakai pakaian yang lembut dan tidak menyerap keringat. Hindari pula pakaian yang ketat untuk anak karena hal ini bisa menyebabkan iritasi kulit gatal. Sebagai gantinya pilihlah pakaian yang longgar.

Cara pencegahan biang keringat lainnya adalah dengan menjaga kebersihan diri. Bayi atau anak harus mandi dua kali sehari pagi dan sore. Lebih baik jika menggunakan air dingin dan hindari air yang terlalu panas. Gunakanlah sabun cair kalau memang terlanjur terkena biang keringat karena sabun cair lebih tidak membuat kulit kering. Setelah mandi, pastikan tubuh anak atau bayi benar-benar kering dan berilah bedak. Jangan memakai krim kulit yang berminyak malahan bisa membuat pori-pori kulit tertutup.

Selain itu, pencegahan biang keringat bisa dilakukan dengan lebih memperhatikan bayi atau anak. Misalnya jika bayi atau anak berkeringat maka segeralah membersihkannya misalnya dengan handuk basah kemudian dikeringkan. Jagalah pula supaya bagian kulit yang banyak berkeringat seperti lipatan-lipatan, dahi, leher, punggung selalu kering dan sejuk.

One comment on “Penyebab Biang Keringat dan Cara Pencegahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>