Imunisasi Hib: Apa, Kenapa, dan Kapan Diberikan

imunisasi bayi

Apa itu imunisasi hib dan kenapa direkomendasikan bagi bayi?

Imunisasi hib adalah imunisasi bayi yang ditujukan untuk memunculkan imunitas bayi terhadap infeksi bakteri Haemophilus influensa tipe b, yang lebih banyak menyerang anak berusia kurang dari 5 tahun. Imunisasi hib pertama kali dilisensikan di Amerika Serikat pada tahun 1985, tetapi belum bekerja secara efekltif, yang kemudian dikembangkan dan dilisensikan pada bulan desember 1987. Vaksin ini dihasilkan dari sedikit struktur polisakarida (gula) yang berikatan dengan protein di lapisan penutup permukaan bakteri, kemudian disuntikkan ke dalam tubuh bayi untuk menghasilkan imunitas bayi terhadap penyakit tersebut.

Imunisasi hib diperlukan bagi bayi mengingat bahwa bakteri jenis ini yang masuk ke dalam tubuh anak akan memicu penyakit meningitis, infeksi paru, infeksi tenggorokan, dan infeksi tulang serta dapat berdampak fatal bagi kesehatan bayi bahkan kematian. Bakteri ini dapat tersebar luas di tubuh anak, tetapi paling banyak ditemukan di sekitar rongga hidung dan tenggorokan. Gejala infeksi penyakit ini tergantung pada bagian tubuh mana yang terinfeksi, seperti demam, lemah, muntah, dan leher kaku pada penyakit meningitis (radang pada otak dan sumsum tulang belakang ), dan muncul 10 hari kemudian setelah inkubasi bekteri. Dalam situs WHO disebutkan bahwa bakteri ini bertanggung jawab atas munculnya banyak penyakit serius pada anak, bahkan telah menimbulkan korban jiwa sebanyak 386 000 orang setiap tahunnya. Dan jumlah terbesar terjadi di negara-negara berkembang.

Meskipun tidak terjamin 100% efektif, tetapi imunisasi ini terbukti efektif menurunkan jumlah penderita infeksi bakteri hib, terutama penyakit meningitis. Di Inggris dan Irlandia yang sudah lebih dulu menerapkan imunisasi ini, membuktikan bahwa kasus meningitis pada anak mengalami penurunan jumlah hingga 90%. Sebaliknya, di negara-negara yang belum dikenalkan imunisasi ini, hib masih menjadi penyebab utama penyakit serius dan masalah kesehatan bayi dan anak.

Kapan diberikan pada bayi?

Vaksin Hib diberikan sebagai suntikan ke dalam otot yang berada di sekitar paha bayi, dan diberikan sebelum anak berusia 5 tahun. Rekomendasi umum dari pemerintah Indonesia untuk imunisasi bayi jenis ini sebanyak 4 kali. Dosis pertama diberikan pada usia 2 bulan, dilanjutkan dengan imunisasi kedua dan ketiga pada usia 4 bulan dan 6 bulan. Tahap keempat diberikan saat bayi berusia 15 sampai 18 bulan.

9 comments on “Imunisasi Hib: Apa, Kenapa, dan Kapan Diberikan

  1. Tetapi pada praktiknya, di Balai Imunisasi Bio Farma yang notabene adalah “rekan” pemerintah, imunisasi HiB baru mulai dilaksanakan pada usia 5 bulan.
    Yang benar yang mana ya?

  2. Biayanya mahal, hanya kalangn berduit saja yang mampu imunisasi ini. Untuk menengh ke bwaj cukup yang ada di puskesmas imunisasi standar

  3. Anak saya d imunisasi hib saat umur 12 bulan dilanjutkan umur 14 bulan kata dokter anak yang mengimunisasi anak saya 2 kali saja sudah cukup soalnya wktu imunisasi sdh brumur 1 tahun,apakah perlu ulangan lagi mengingat anak saya msih panas tinggi jika terkena flu?

  4. mnrt SpA langganan saya, kebetulan baru smlm saya imunisasi DPT+HiB+polio, imunisasi Hib biasanya diberikan bersamaan dengan imunisasi DPT.
    Dokter mengatakan bahwa imunisasi HiB merupakan imunisasi yang sangat dianjurkan diberikan kepada bayi diluar imunisasi dasar.
    HiB diberikan kepada bayi di bawah usia 6 bulan sebanyak 3 kali, lalu nanti diberikan lagi pada usia 15 bulan.. (sayangnya saya tdk bs posting gambar jadwal imunisasi yang dianjurkan)

    Untuk soal tarif, imunisasi HiB memang tergolong mahal.
    Sekali imunisasi, bisa mencapai 400 ribu. Tetapi menurut saya lebih mahal kesehatan anak.

    Setelah membaca artikel diatas, saya semakin yakin alasan pentingnya imunisasi HiB :)

    • Kok jadwal imunisasi hib nya beda beda ya…:). aq juga baru imunisasi baby q HIB POLIO DAN DPT. Tapi imun pertama HIB usia masuk 6 ni…..:).

  5. tenang sebentar lgi ‘hib’ akan masuk dlm imunisasi wajib program pemerintah.. jd seperti imunisasi lainnya d posyandu gratiss

  6. usia bayi sy udah 6 bulan lebih, pada saat akan imunisasi hib ternyata panas, dan akhirnya di tunda, tp skng baby sy udah 7 bulan apakah terlambat tidak imunisasi hib nya

  7. mnurt sy imunisasi HIB itu penting dan anak sy sdh lngkap alhasil dia tumbuh sngt aktf,skrng usiax 1,9 sdh lancar bicara.wlopun biayax trgolong mhl tp sbgai ibu puas dgn hslx.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>