Ciri-ciri Bayi Demam Berdarah

bayi-demam-berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja, bahkan pada bayi. Bayi yang terkena demam berdarah tidak akan mengatakan dirinya sakit. Oleh sebab itu, diperlukan kewaspadaan dan pengetahuan bagi orangtua untuk mengetahui dan mengenal ciri-ciri demam berdarah. Dengan demikian, penanganan yang lebih cepat dapat dilakukan dan peluang kesembuhan akan besar. Penyakit demam berdarah ini jika ditangani lambat bisa mengakibatkan pada kematian.

Ciri ciri demam berdarah yang paling kelihatan adalah bayi demam atau mengalami kenaikan suhu di atas normal. Biasanya saat bayi demam pasti akan diberikan obat penurun demam atau panas. Bila di hari ketiga bayi masih mengalami demam dan tidak diketahui penyebab yang jelas maka harus segera diperiksa ke dokter. Bisa-bisa bayi terkena demam berdarah. Ciri ciri demam berdarah lainnya pada bayi adalah tampak adanya ruam. Ruam adalah semacam bintik-bintik berwarna kemerahan yang tampak di kulit bayi terutama bagian tangan.

Pada saat demam berdarah, bayi mengalami kehilangan cairan tubuh karena cairan dari dalam darah keluar menuju jaringan. Akibatnya bayi bisa mengalami gejala syok yang disertai munculnya keringat dingin dan denyut nadi tidak teraba. Selain itu, bayi kehilangan nafsu makan dan minum serta sering menangis. Buang air besar bayi menjadi tidak lancar dan cenderung berwarna hitam.

Selanjutnya dokter pasti akan menyuruh pemeriksaan laboratorium untuk diagnosa yang lebih tepat. Ciri ciri demam berdarah dari hasil laboratorium adalah memiliki jumlah trombosit yang kurang dari 100 ribu. Selain itu, terjadi pula peningkatan hemokonsentrasi atau hematokrit sebanyak lebih dari 20 persen. Jika bayi memang positif terkena demam berdarah maka harus segera mendapat perawatan intensif.

Waspadai terutama jika saat itu adalah musim hujan dimana penyebaran nyamuk pembawa demam berdarah makin marak. Untuk usia bayi sebenarnya akan lebih baik begitu bayi demam, bawalah langsung ke dokter. Bagaimanapun bayi memiliki kondisi tubuh yang lemah apalagi jika dia harus menghadapi penyakit. Oleh sebab itu, penanganan yang cepat akan berperan penting dalam proses penyembuhannya.

9 comments on “Ciri-ciri Bayi Demam Berdarah

  1. Sudah tiga hari ini anak saya panas tinggi dan tdk menentu naik-turun, sudah dilakukan tas lab hasilnya trombositnya hanya turun sedikit dan kata dokternya tdk apa2, yg membuat saya cemas hari ini anak saya hanya mau tidur saja, bangun cuma setengah jam terus tidur lagi 2 jam kemudian bangun lagi dan hanya setengah jam terus tidur lagi tdk seperti biasanya…mohon petunjuknya.terimakasih.

    • sama kayak anakku nih. 8 bln. Saat ini divonis DBD sama dokter. Tp trombositnya normal aja. Trus bunda gmn anaknya? Sdh sembuhkan?

      • gimana bu ,, apa kata dokter ,,, keponakan saya lagi ngalamin gejala kaya gitu ,,,

  2. Terima kasih banyak informasinya amat membantu kami mengetahui terutama gejala2 DBD yang makin mendapat info di internet malah makin bingung.. hehehe.. Tapi disini jelas dan yg pasti bukan copy paste :) Sekali lagi thanks! Salam..

  3. Anak saya uda 1 minggu ini sakit klo mlm panas lo siang kdang panas kdang gk na td mlm suhu bdanya ko dingin y pi mkn sedikit2 pi buang airnya lancar z

  4. udah empat hari ini anak saya panas tinggi dan tdk menentu naik-turun, sudah dibawa ke dokter katanya tdk apa2, yg membuat saya cemas obat penurun panasnya sudah habis tapi ngak ada perubahan, dua hari ini anak saya hanya mau tidur saja, bangun cuma setengah jam terus tidur lagi 2 jam kemudian bangun lagi dan hanya setengah jam terus tidur lagi tdk seperti biasanya…mohon petunjuknya.terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>