Bisul Pada Bayi

Bisul Pada Bayi

Bisul yang menyerang kulit bayi akan membuat bayi menjadi rewel, karena kemunculannya selalu disertai dengan rasa nyeri bahkan tak jarang disertai dengan meningkatnya suhu tubuh bayi. Bisul merupakan salah satu bentuk infeksi kulit yang dapat meyerang manusia dari segala usia, hanya saja kulit bayi lebih sensitive sehingga lebih mudah mengalaminya. Penyebab bisul pada bayi adalah karena adanya peradangan akibat infeksi bakteri staphylococcus aureus. Bakteri ini merupakan salah satu jenis bakteri gram positif yang bersifat mikrofloral normal manusia (tinggal menetap di bagian tertentu tubuh manusia). Dengan demikian bakteri ini sebenarnya sudah sangat akrab dengan manusia, hanya saja karena kondisi tertentu dapat menimbulkan infeksi.

Faktor kebersihan lingkungan merupakan faktor utama penyebab bisul pada bayi. Di lingkungan yang kotor bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada kulit bayi. Saat mulai terjadi infeksi, bayi dapat mengalami peningkatan suhu tubuh atau demam. Bakteri ini juga akan menghasilkan nanah pada bagian yang terinfeksi. Dengan adanya nanah maka muncul pembengkakan di bawah kulit akibat penumpukan nanah serta menimbulkan rasa nyeri, akibatnya bayi sering rewel dan sulit tidur apalagi jika bisul muncul di sekitar kepala. Di bagian yang terinfeksi juga biasanya berwarna kemerahan bahkan terkadang menghitam.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua dalam mengatasi bisul pada bayi. Pertama harus dipahami bahwa bisul disebabkan oleh infeksi bakteri sehingga tidak berhubungan dengan pola makan bayi atau ibu yang menyusui. Jika belum parah, kompres air hangat dapat mengatasi bisul pada bayi. Kompres hangat dapat mengurangi rasa nyeri yang dirasakan bayi. Hal lain yang harus dipahami adalah bisul tidak boleh dipencet untuk mengeluarkan nanahnya, karena justru akan memperburuk kondisi infeksi tersebut.

Jika sudah muncul nanah sebaiknya bayi segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan tindakan yang terbaik. Kebersihan kulit bayi harus menjadi perhatian, agar infeksi tidak semakin menyebar. Sementara untuk obat bisul bayi, jenis yang digunakan adalah antibiotik. Antibiotik sering digunakan sebagai obat bisul pada bayi karena berfungsi untuk membunuh bakteri sehingga infeksi bisul akan terhenti.

3 comments on “Bisul Pada Bayi

  1. dokter anak saya, tumbuh bisul dan bernanah disekitar kepala setelah minum susu formula, tetapi setelah saya ganti dengan susu soya feses nya encer dan kekuningan, beberapa kali bab lebih dari 4 kali. bagaimana solusinya dokter susu formula apa yang bisa dikonsumsi oleh anak saya. terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>