Bagaimana Ciri-Ciri Balita Cacingan?

balita cacingan

Balita cacingan jangan sampai diremehkan. Cacingan bisa menghambat pertumbuhan anak baik secara fisik maupun kecerdasannya. Anak cacingan bisa menjadi kekurangan gizi dan mengalami masalah di bagian pencernaan. Oleh sebab itu, penting mengenali gejala anak cacingan sejak awal.

Secara umum, balita cacingan biasanya sulit sekali mengalami kenaikan berat badan sehingga kalau dibiarkan bisa menyebabkan anak menjadi kurang gizi. Balita yang terkena cacingan juga sering mengalami diare dan sakit atau nyeri di bagian perut. Tidak hanya itu, anak cacingan bisa juga mengalami anemia karena kekurangan darah akibat diserap oleh cacing terutama cacing tambang. Ciri lain anak cacingan adalah hilangnya nafsu makan dan munculnya rasa lemas serta loyo.

Perlu diketahui bahwa cacing ini bisa berpindah dari satu organ tubuh ke organ tubuh yang lain. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada organ tersebut. Misalnya jika anak mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh bisa saja itu pertanda bahwa ada cacing yang sudah menyebar sampai ke bagian paru-parunya. Cacing di organ tubuh lain selain perut bisa menimbulkan gejala seperti benjolan atau bengkak, demam maupun kejang.

Ciri-ciri anak cacingan juga tergantung dari jenis cacing yang ada di dalam tubuhnya. Cacing jenis gelang misalnya umumnya tidak menimbulkan gejala yang spesifik. Namun cacing gelang tertentu bisa membuat masalah pada mata atau menyebabkan gejala asma. Cacing kremi menyebabkan adanya rasa gatal di organ kelamin anak dan akan semakin bertambah gatal kalau malam hari. Biasanya cacing jenis ini akan terlihat saat anak membuang feses. Melalui tinja memang dapat diketahui apakah anak positif menderita cacingan atau tidak.

Untuk mencegah cacingan, penting sekali menjaga kebersihan anak. Misalnya dengan mencuci tangan memakai sabun sebelum makan, memotong kuku secara teratur dan hindari menggigit kuku, serta memakai sandal atau sepatu kalau bermain di tanah. Selain itu, anak jangan dibiasakan menggaruk bagian dubur atau anus. Kebersihan makanan yang akan dikonsumsi oleh balita juga harus dijaga. Hindari makanan yang kotor dan kalau makan daging harus yang matang.

6 comments on “Bagaimana Ciri-Ciri Balita Cacingan?

  1. postingan ini memberi solusi untuk memberi ilmu tentang dunia globalisasi dan perkembangan tekhnologi pada anak tapi juga membatasinya untuk tidak terjerumus oleh keingintahuan yang berlebihan yang bukan pada tempatnya… karena di internetkan berita dan hal negatifpun berlalu-lintas dengan bebasnya…

  2. berat bdn ank saya cenderung naik dlm 1 bln hanya beberapa ons,sering sakit perut,tp nafsu mkn nya baik,gatal d bagian kelamin. selalu mnt mkn pd mlm hari.
    apakah itu termasuk cacingan??

  3. blh nanya y,ank sy usiany 1 th.nafsu mkan baek,istirahat ok,geraksuper aktif,pembuaanny lancar.yg buat sy kawatir walau tiap bulan berat bdanny naik perutny agak terlhat buncit sy tkut dia cacingan.bgmny y tq……..

  4. Anak saya diare truz uda d beri susu diare obt diare btol bersh truz,napsu mkan trun susah bgt mkanx dya apa trmasuk cacingan ya?

  5. Bagaimana jika saya menemukan cacing kremi di kemaluan anak perempuan saya apakah itu gejala cacingan atau ad penyakit lain??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>