Bagaimana Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi?

mengatasi biang keringat

Salah satu penyakit kulit yang sangat sering dialami bayi dan anak-anak adalah biang keringat. Penyakit ini memang bukan penyakit berbahaya dan bukan pula penyakit yang susah diobati, tetapi orang yang mengalaminya akan cukup tersiksa apalagi bayi. Biang keringat biasanya disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori sehingga keringat tidak bisa keluar dengan bebas. Ini diperparah jika keadaan udara panas dan lembab, maka keringat akan semakin banyak keluar. Bayi biang keringat biasanya rewel karena badannya gatal-gatal sedangkan mereka belum bisa harus bagaimana. Kulit pada bayi biang keringat tampak berbintik-bintik putih dan merah serta terasa gatal, terutama saat udara panas.

Bagian yang terkena biang keringat tidak hanya kulit wajah saja, tetapi juga leher, punggung, dada, tangan, dan kepala. Sehingga tidak heran jika buah hati kita rewel saat biang keringatnya kambuh. Ada beberapa cara mengatasi biang keringat baik sebelum terkena ataupun ketika sudah terkena. Supaya bayi kita tidak terkena biang keringat atau untuk mengatasi biang keringat, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan:

1. Jagalah kebersihan badan, pakaian, dan lingkungan sekitar bayi Anda. Mandikanlah bayi Anda dengan rutin 2 kali dalam sehari. Jika udara panas dan lembab yang membuat buah hati banyak berkeringat, sering-seringlah mengelap badannya supaya badannya tidak basah dengan keringat yang bisa menyebabkan bayi biang keringat.

2. Berilah bayi pakaian yang tidak terlalu tebal, longgar, dan mudah menyerap keringat misalnya dengan pakaian dari bahan katun. Jangan memberinya pakaian yang ketat atau terlalu rapat. Berilah kelonggaran pada bayi Anda dan usahakan udara bisa bebas melewati antara sela-sela baju.

3. Gantilah baju bayi Anda dengan rutin atau jika telah kotor dan basah dengan keringat. Cucilah baju bayi Anda hingga bersih dan seterikalah supaya rapi dan kuman-kumannya hilang.

4. Buatlah sirkulasi udara yang baik di rumah Anda atau kamar bayi supaya udara dalam kamar tidak panas dan juga tidak lembab.

5. Jika bayi biang keringat, berilah obat gatal untuk mengurangi rasa gatalnya. Pilihlah obat gatal yang aman untuk bayi dan ini bisa ditanyakan kepada dokter atau apoteker. Obat gatal ini bisa berupa bedak tabur ataupun bedak cair yang biasanya mengandung salisil.

6. Jika menginginkan obat gatal yang alami, Anda bisa membuatnya sendiri. Ada beberapa resep mengatasi biang keringat, yaitu dengan memberi kulit bayi yang gatal dengan tepung tapioka yang dicampur air. Tapioka bersifat dingin sehingga diyakini dapat mendinginkan kulit. Resep lainnya adalah dengan melumatkan timun kemudian dicampur dengan tepung beras, lalu dioleskan ke bagian yang gatal.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatasi biang keringat pada bayi.

One comment on “Bagaimana Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>