Resiko Merokok bagi Ibu Hamil

merokok saat hamilBahaya rokok bagi ibu hamil tidak hanya akan dialami oleh dirinya sendiri, melainkan juga oleh bayinya. Hal ini merupakan pengetahuan yang telah diketahui banyak orang. Namun tidak banyak orang mengetahui bahaya merokok bagi ibu hamil dan bayinya. Berikut adalah beberapa alasan kenapa seorang wanita hamil harus menghindari rokok selama masa kehamilannya:

Pertama, rokok dapat membahayakan kesehatan pada bayi Anda. Salah satu alasan mengapa wanita hamil tidak boleh merokok selama kehamilannya adalah bahwa hal itu dapat menyebabkan kelahiran prematur pada bayinya. Hal ini juga menimbulkan kerentanan bagi bayi untuk menderita penyakit pernapasan. Hasil penelitian membuktikan bahwa bayi dari wanita hamil yang merokok saat hamil lebih ringan daripada bayi wanita non-perokok. Selain itu, jantung bayi dari ibu yang merokok selama hamil memiliki detak jantung yang 30% lebih tinggi dibandingkan dengan ibu yang tidak merokok.

Kedua, merokok selama hamil dapat mempengaruhi kesehatan mental anak. Menurut penelitian medis, ibu yang merokok rata-rata 14 rokok per hari selama kehamilan cenderung melahirkan bayi yang menderita “hyperkinetic”. Para peneliti berspekulasi bahwa ini disebabkan oleh tumpukan dari karbonmonoksida dalam aliran darah janin yang menyebabkan penurunan yang signifikan dalam oksigen dibawa ke bayi yang sedang berkembang.

Ketiga, merokok selama kehamilan dapat mempengaruhi performa akademis anak di masa depan. Dalam studi ini, lebih dari 9.000 anak-anak diberikan beberapa tes untuk mengevaluasi kemampuan matematika dan kemampuan membaca. Menurut hasil penelitian, anak-anak dari ibu yang merokok 10 atau lebih batang rokok per hari selama kehamilan memiliki skor lebih rendah dalam tes ini dibandingkan dengan anak-anak yang ibunya tidak merokok pun rokok saat mereka hamil.

Terakhir, merokok selama kehamilan dapat menimbulkan komplikasi selama kelahiran. Perokok hamil memiliki risiko besar mengalami kehamilan ektopik dimana embrio menjadi tertanam dalam tabung tuba bukannya dalam rahim. Hal ini juga dapat mempertinggi risiko komplikasi plasenta yang juga dapat membahayakan ibu selama kelahiran.

Berdasarkan fakta-fakta yang dipaparkan di atas, masihkan Anda berniat untuk merokok selama masa kehamilan Anda?

One comment on “Resiko Merokok bagi Ibu Hamil

  1. saya heni,saya mahasiswi kebidanan,, saya tertarik buat jadiin ini judul KTI saya,, bisa tidak anda memberikan saya referensi buku yang membahas tentang masalah ini.. terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>