Resiko Alkohol bagi Ibu Hamil

alkohol ibu hamilAlkohol memiliki efek samping pada tubuh, baik itu bagi ibu hamil maupun bukan. Tingkat konsumsi alkohol yang tinggi, dapat menyebabkan masalah koordinasi, gangguan tidur, kelelahan, dan lain sebagainya. Jadi, bahaya alkohol bisa menyerang siapa saja, apalagi bagi ibu hamil.

Apa saja bahaya alkohol bagi ibu hamil?

Sebuah studi menunjukkan bahwa plasenta akan sangat rentan terhadap alkohol. Ketika seorang ibu hamil minum alkohol, lalu bercampur dengan darah, darah tersebut mengalir melalui plasenta dan pada akhirnya mencapai darah bayi. Hal ini akan berakibat fatal bagi perkembangan bayi.

Selama tahap awal kehamilan, yaitu selama tiga atau empat minggu pertama merupakan saat di mana bayi mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, saat ini adalah masa perkembangan bagi jantung, sistem saraf pusat, mata, tangan, dan kaki, disarankan untuk menghindari minum alkohol karena dapat mempengaruhi perkembangan tubuh anak.

Pada tahap akhir kehamilan, otak anak berkembang pesat, minum alkohol sangat dilarang karena dapat merusak otak anak. Jika Anda mengkonsumsi alkohol dalam periode penting perkembangan bayi Anda, ini akan menyebabkan masalah untuk perkembangan kecerdasan bayi anda.

Efek alkohol berikutnya adalah dapat mempertinggi potensi terjadinya keguguran pada Ibu dan kelahiran prematur pada bayi. Bayi prematur berpotensi lahir cacat karena organ tubuhnya belum berkembang dengan baik.

Bagi Anda ibu hamil, sebaiknya Anda mengetahui kelainan pada bayi yang ditimbulkan oleh kebiasaan minum alkohol pada masa kehamilan. Berikut kasus yang sering terjadi sebagai efek alkohol pada bayi:

  • Gangguan mental.
  • Gangguan belajar.
  • Masalah pernapasan.
  • Gangguang daya ingat.
  • Lahir dengan berat badan rendah.
  • Kepala abnormal (kepala kecil atau besar)

Setelah menyimak berbagai efek alkohol di atas, hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah kontrollah kebiasaan minum alkohol Anda. Anda harus menyadari bahwa ketika Anda mengonsumsi alkohol selama kehamilan, artinya bayi Anda mengonsumsi juga. Minum alkohol dalam jumlah atau sedikit sama saja, sama-sama memberikan dampak buruk bagi bayi Anda. Jika Anda ingin bayi Anda lahir normal, berhentilah mengonsumsi alkohol.

One comment on “Resiko Alkohol bagi Ibu Hamil

  1. memang dalam waktu hamil, seorang ibu dilarang untuk minum alkohol. biasanya untuk ibu hamil yang memang sudah kebiasaan akan sulit untuk melarangnya. akan tetapi itu semua harus dilakukan. dukungan dari keluarga itu sangat sangat penting. terutama suaminya. ia harus benar-benar memperhatikan kondisi ibu maupun calon bayinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>