Penyebab Susah Hamil

sulit hamilKehadiran anak atau punya bayi merupakan dambaan setian pasangan suami istri. Namun, pada sebagian pasangan, memiliki anak bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak pasangan yang telah menikah, mengalami berbagai kendala untuk hamil dan memiliki momongan. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi pasangan suami istri yang sulit punya anak untuk mencari solusi atas permasalahan sulit hamil tersebut.

Banyak faktor yang dapat menunda terjadinya kehamilan dan menjadi penyebab susah hamil pada wanita. Penyebab sulit hamil diantaranya adalah :

A. Kelainan hormonal pada wanita.
Ada beberapa kelainan hormonal yang menjadi sebab seorang wanita sulit hamil, yaitu :

1) Ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan terganggunya siklus haid seorang wanita.
Wanita yang mengalami masalah siklus haid cenderung memiliki kesuburan yang rendah. Sedangkan kesuburan yang rendah dapat mempengaruhi kualitas sel telur yang dihasilkan. Sel telur yang kualitasnya rendah akan sulit untuk dibuahi. Sehingga wanitapun menjadi sulit hamil karenanya. Wanita yang mengalami masalah ini, disarankan untuk konsultasi pada dokter untuk mendapatkan pengobatan dan terapi penyembuhan.

2) Mengalami kelainan hormonal alergi pada sperma.
Pada kasus ini, tubuh wanita akan membentuk antibodi setiap dimasuki oleh sel sperma. Hal tersebut menyebabkan wanita sulit hamil dan sulit punya anak. Karena bagaimana pembuahan bisa terjadi, apabila terus terjadi penolakan terhadap sel sperma. Wanita dengan kelainan ini hendaklah melakukan terapi paternal leukocyte immunization yang bermanfaat untuk mengurangi kadar kelainan hormonal alergi antisperma pada tubuh wanita tersebut.

3) Mengalami Sindroma Ovarium Polikistik.
Sindroma Ovarium Polikistik merupakan kelainan hormonal pada pelepasan sel telur yang menyebabkan kacaunya siklus haid seorang wanita. Seorang wanita yang mengalami Sindroma Ovarium Polikistik, hendaknya melakukan terapi diet ketat apabila memiliki riwayat obesitas. Apabila tidak memiliki riwayat obesitas, lakukanlah pemeriksaan pada dokter ahli kandungan untuk mendapat obat yang sesuai dengan kondisi tubuhnya.

B. Kualitas sperma yang rendah.
Kualitas sperma yang rendah biasanya disebabkan karena adanya kelainan pada pembentukan spermatozoa. Selain itu, baik buruknya pola hidup seorang pria bisa mempengaruhi tinggi rendahnya kualitas sperma.

C. Kondisi Psikis
Penyebab susah hamil juga bisa dipengaruhi dari kondisi psikis suami istri. Keadaan rumah tangga yang tidak harmonis berpeluang menyebabkan terjadinya masalah sulit punya anak.

D. Kelainan Alat Kelamin
Pada sebagian kasus, penyebab sulit punya anak disebabkan adanya kelainan alat kelamin. Kelainan alat kelamin bisa terjadi pada pria dan wanita. Alat kelamin yang tidak normal, tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga menyebabkan terjadinya masalah sulit hamil pada suatu pasangan.

Dari uraian di atas dapat diambil kesimpulan, bahwasanya penyebab susah hamil dapat terjadi pada pria maupun wanita. Bagi pasangan yang merindukan hadirnya seorang anak, hendaklah melakukan pemeriksaan intensif pada dokter ahli kandungan untuk mengetahui penyebab sulit punya anak yang terjadi pada pasangan tersebut. Sehingga dapat dilakukan terapi dan pengobatan yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

13 comments on “Penyebab Susah Hamil

  1. nama saya axka usia 25 tahun,manikah sudah 1 tahun tapi sampai sekarang kami pun belum di kasi momongan,padahal suami saya sudah pingin banget punya anak, bagaimana solusinya buat saya,haid saya tiap bulannya lancar,

  2. sy sudah 10tahun menikah blm punya momongan,sedangkan umur sy sudah
    42 th apakah kemukinan masih bisa hamil?

    • sy udah menikah 10 tahun blm punya momongan
      sedangkan umur saya sudah 42th apa kemungkinan
      masih bisa hamil

  3. sy sdh mnikah 4thn,tp blm ad momongan..haid lancar,hidup jg sehat…suami jg bgtu..kra2 ap sebab nya..

  4. nama saya Gebby..,sudah 1 tahun lebih menikah tapi blum diberikan momongan oleh Tuhan..,padahal saya dan suami ingin skali punya anak.

  5. Sy hampir 3thn nikah,blm py anak.haid istri maju trus.apa penyebabnya sehingga susah tuk telat haid/hamil?

  6. sya udah 2 tahun menikah… suami sy bkerja proyek n jarang sekali pulang… hnya ktika pulang kmi brhubungan badan… anehnya setiap suami sy mengelurkan sperma d dalam… sperma itu kluar lg dr vagina saya… ap krna sy gemuk??? apa solusinya???

  7. saya,sudah 1thn menikah tp lum kunjung juga mempunyai keturunan
    siklus haid kdg maju kdg jg telat,apa itu mempengaruhi susah hamil..

  8. nama qu linda..
    yaaah walaupun baru 1 thn menikan,tp qu sama suami qu pengen bngt punya anak,..
    tp kog susah bngt ya,kl ngeliat tmn yg baru menikan 1 bulan tngsng bisa hamil..
    kira” apa ya kendala ya dan apa ya cara untuk cepat mendapat khan momongan…
    sedangkan haid saya lancar” za ..??

  9. Nama sy Marlina…
    saya sudah 6bln menikah tpi knpa sampai skrg sya blum punya ank/hamil?????
    apakah klu setiap haid suka sakit/Segugut itu berpengaruh?????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>